Thursday 2 May 2013

Anak Desa

Assalamu'alaikum WWB..

Cerita apa yah..? Ceritain Desa ku aja deh...

Berawal dari kunjunganku ke desa kelahiranku, bukan kunjungan sih pengen pulang kampung aja tapi cuma beberapa hari. Di sana yang keadaannya masih kampung, jalannya jelek tapi sudah lumayan ada perkembangan meskipun agak terlambat. Kalau menuju ke sana  harus melawati perkebuan kelapa sawit punya pemerintah, jalanan berbatu dan berkerikil serta naik turun maklum daerah pegunungan.

Yang saya sukai di sana yaitu udaranya yang masih sejuk, kalau malam tidak perlu pakai kipas angin atau AC. Hmmmmm malahan pengen berselimut aja kalau tidur. Cuman kalau hujan tanahnya lengket dan nempel di alas kaki sampai tebel dan harus hati-hati karena liciiiiin banget. Mungkin tanahnya mengandung tanah liat jadi lengket.

O iya desaku itu namanya Desa Cikarang, Kecamatan Cikidang, Kabupaten Sukabumi Jawa Barat. Kalau dari Jakarta sekitar 5 sampai 6 Jam Plus macet yah..Saya disana cuma lahir dan Gak tau umur berapa saya dibawa ortu merantau ke Sulawesi Selatan (Jauh yah..). Sempet SD sih 2 tahunan di Cikarang, habis itu mangkat lagi deh.

Saya waktu balik ke cikarang bulan lalu, saya merasa desaku belum banyak berubah. Perubahan yang dimaksud itu kesadaran pendidikan di sana masih kurang. Kebanyakan Maksimal SMA, mungkin karena biaya kuliah juga kali yah jadi mereka memilih tidak lanjut dan memutuskan cari kerja di Kota. Mata pencaharian di sana cuma bertani dan berkebun. Taulah penghasilannya cuma cukup untuk kebutuhan sehari-hari.

Pengen sih rasanya membuat lapangan pekerjaan di sana, terus ngembangin desaku menjadi desa yang sadar akan pendidikan. Khususnya untuk laki-laki remaja yang nantinya harus menjadi kepala rumah tangga. Banyak disana yang hidupnya dalam keadaan apa adanya dan seadanya, kasihan saya jadi terenyuh. Tapi saya juga belum bisa berbuat apa-apa... (mikirr).



No comments:

Post a Comment