Saturday 11 May 2013

Makanan Khas Kota Makassar

Assalamu'alaikum wwb.


Saya kali ini mau ngomongin soal makanan, khususnya makanan yan berasal dari Sulawesi Selatan atau Makassar. Banyak kuliner enak di sana, dan saya sudah pernah nyobain semuanya wah enak-enak rasanya.
Bagi yang mau jalan-jalan dan berwisata kuliner di makassar ini dia nih makanan-makanan khas Makassar yang patut anda coba. Diajmin Gak bakalan nyesel kalau sudah nyobain, karena selain harganya yang terjangkau juga cocok di lidah. Yuk kita lihat apa saja sih makanan yang ada di Makassar...

1. Ikan Bakar Bandeng

Ikan bakar bandeng ini mudah sekali kita temukan di warung-warung makan di pinggir jalan kota Makassar, ikan bandeng bakar selalu ditemani dengan sambel pastinya, apalagi kalau pakai sambel mangga, itu saya suka banget. Karena cocok deh dipaduin dengan ikan bakar, mantep, seger dan berasa pokonya.


2. Sop Saudara
Sop saudara biasanya disediakan di tempat ikan bakar bandeng juga, tapi tidak semua yang jual ikan bakar bandeng ada sop saudaranya dan hampir semua yang jual sop saudara ada ikan bakar bandengnya, kenapa yah? Saya juga belum tahu kenapa hehe. Sop saudara isinya terdiri dari daging sapi atau bisa juga jeroan sapi, terus pake  miso'un dan perkedel kentang serta bahan-bahan pelengkap lainnya seperti telur asin bila suka maka bisa ditambahkan dengan telur asin. Tentang rasanya pasti enaklah... cocok buat menu makan siang anda.

3. Cota Makassar
Wah kalau yang satu ini pasti sudah pada tahu, hampir sama dengan sop saudara cuman beda di kuahnya dan bumbu-bumbunya serta tidak pake so'un, isinya bisa daging sapi saja atau campur dengan jeroan. Biasanya makannya dibarengi dengan ketupat. Kalau mau nyobain saya rekomendasikan coto paraikatte di jalan AP Pettarani Makassar dan Coto Nusantara di jalan Nusantara. Tapi saya lebih suka yang di jalan Nusantara karena lebih enak kalau menurut saya.

 4. Konro Bakar
Konro Bakar ini dari iga sapi yang dibakar plus bumbu tentunya, yang terkenal konro bakarnya yaitu  di Konro Karebosi. Alamatnya di sekitar karebosi atau sekitar jalan bulusaraung Makassar.

 5. Sop Konro
Sama halnya dengan konro bakar berasal dari iga sapi, kalau yang ini pake kuah pastinya..enak dagingnya juga gak alot, sedep deh.. tersedia di warung makan yang sama.

6. Pallu Basa
Masih seputar daging sapi, lagi-lagi bedanya ada di kuanya yang ini agak kekuning-kuningan dan lebih berminyak. Yang terkenal ada di jalan serigala, disitu selalu ramai pengungjung..cobain aja gimana rasanya biar gak penasaran.

 7. Pallu Mara
Kalau ini ikan rebus dengan bumbu kunyit, ikanya bisa ikan bandeng, ikan merah atau ikan kakap. Kuahnya ada rasa asem-asemnya gitu, jadi seger dan bumbu kunyitnya sampai kecium.  hemmmmm.. jadi lapar nih. Yang pengen ngerasain bisa cari, di rumah makan pallu mara di jalan Recing Centre.

8. Nasi Goreng Merah
Ini seperti nasi goreng pada umumnya, yang membuat nasi goreng ini merah yaitu karena dicampur dengan saos sewaktu dogorenang.Isiannya pake daging ayam, telur dan udang. Rasanya juga gak kalah enak dengan nasi goreng yang lain. Banyak ditemukan di warung-warung makan, jadi gampang nyarinya.

 9. Mi kering/Mi Titi
Ini salah satu makanan favorit saya, mi kering atau mi titi. Mi nya itu kering terus dikasih kuah kental, sayur sawi, daging ayam, udang, dan cumi kalau ada. Saya kalau mau makan mi titi datangnya ke Jalan Boulevard di situ juga suka rame pengunjungnya, jadi yang mau berkunjung harap sabar karena kadang antri tempat. Tapi kalau masalah pelayanan cepet kok.. rasanya jangan ditanya deh, sukaaaa banget.

 10. Pisang Ijo

Kita ke yang seger-seger, ini juga se indonesia sudah pada tau kayaknya, pisang yang dibalut kulit terbuat dari tepung dan berwarna ijo ini paling dicari pada saat berbuka puasa, rasanya yang manis dan mengenyangkan memang cocok untuk menu berbuka puasa kita. Yang bikin seger yaitu sausnya yang kental yang terbuat dari santan kelapa dan ditambah sirup ambon secukupnya. Owalah... sampai kebayang-bayang nih, sampai nelen ludah. Tergoda hahaha

 11. Pisang Epe
Pisang epe juga terkenal, karena adanya di Pantai Losari Makassar. Pisangnya pisang Kepok mengkal yang dibakar lalu di penyetkan dan dibubuhi gula merah sebagai cocolannya. Ada juga yang ditambahin susu kental manis, keju, atau cokelat. Terserah selera deh mau ditambahin apa..

 12. Barongko
Masih terbuat dari pisang kepok juga nih, tapi pisangnya yang sudah matang lalu dihaluskan. Ditambah air santan kelapa, telur dan gula pasir bisa juga ditambahin potongan nangka. Lalu dibungkus dengan daun pisang dan di kukus. Enak dimakan pada saat dingin alias sudah masuk kulkas. Saya suka buat sendiri juga di rumah karena selain bahannya yang mudah di dapat, cara membuatnya juga mudah. Dan gak perlu pake daun pisang, langsung dikukus pake loyang juga bisa.. rasanya sama enaknya. Manis manis gimana gitu.. kalau yang pengen beli ada di penjual kue-kue basah atau pada saat bulan puasa.


Demikian beberapa makanan khas dari Makassar, pokonya bikin ngangenin deh kalau sudah dicoba semua.. sebenernya masih ada makanan khas Makassar yang lainnya. Tapi itu saja dulu yah.. semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment